Tiket UCL & UEL Setelah Man City Lolos Hukuman: Ada MU vs Chelsea, Arsenal Tercecer

Posted on

Manchester City dapat bernapas lega selesai dinyatakan akan masih bermain di Liga Champions musim depan. CAS putuskan mengusung hukuman Man City.

Ya, awalnya team tuntunan Josep Guardiola itu masih harap-harap kuatir menanti hasil keputusan sidang. Masalahnyaawalnya UEFA putuskan mencoret Man City dari pertandingan Eropa sampai dua musim ke depan.

Info masalah hukuman Man City ini pasti berefek pada beberapa hal. Dari mulai isu kepergian beberapa pemain bintang, sampai pengaruhnya pada kompetisi empat besar Premier League.

Sekarang, sesudah hukuman dinyatakan dicoret, keadaan normal kembali seperti semestinya. Ini berefek langsung pada panasnya kompetisi merampas rangking ketiga serta ke-4 klassemen akhir Premier League.

Kualifikasi UCL

Selama ini telah ada dua team Premier League yang pastikan satu tempat mereka di pertandingan Eropa, yaitu Liverpool untuk juara serta Man City untuk runner-up. Kecuali dua team ini, kompetisi masih terbuka lebar.

Ada dua ticket sisa di Premier League, yaitu dengan amankan rangking ketiga serta ke-4. Tetapi, ada juga jalan lain dengan memenangkan Liga Champions atau Liga Europa musim ini, sama seperti yang dilaksanakan Liverpool serta Chelsea musim kemarin.

Walau mendapatkan hasil kurang memberi kepuasan di babak luruh, ada Chelsea, MU, serta Wolverhampton yang masih tetap terlilbat di dua pertandingan Eropa itu. Pasti kesempatan juara mereka ada, walau benar-benar kecil..

Kualifikasi Liga Europa

Ada tiga jalan untuk mencapai ke Liga Europa musim depan:

  • Finis di peringkat ke-5 klasemen akhir – langsung fase grup
  • Menjuarai FA Cup – langsung fase grup
  • Menjuarai Carabao Cup – putaran kedua kualifikasi

Bila juara FA Cup atau Carabao Cup sukses finish di rangking ke-5 atau semakin tinggi di Premier League, ticket Liga Europa mereka akan diberikan pada team paling baik selanjutnya di klassemen akhir Premier League (yang belum memperoleh porsi ticket).

Untuk contoh, musim kemarin Man City memenangkan FA Cup, Carabao Cup, Premier League. Oleh karena itu ticket mereka dari juara FA Cup diberikan ke MU — yang finish di rangking ke-6 — serta Wolves, yang masuk dalam putaran ke-2 kwalifikasi. Oleh karena itu kesuksesan Man City memenangkan Carabao Cup musim ini adalah berita baik buat tim-tim Inggris yang lain yang ingin tampil di Eropa musim depan. Sebab Man City telah aman, ticket mereka akan diberikan pada team yang menempati rangking ke-6 kelak.

Masih ada FA Cup

Kecuali ticket dari Carabao Cup, Man City juga berkesempatan mendapatkan ticket Eropa dari FA Cup. Sisa empat team di FA Cup musim ini, ada Man City, Chelsea, MU, serta Arsenal.

Seandainya Man City, atau team yang lain dalam lima besar EPL, memenangkan FA Cup, ticket kwalifikasi Liga Europa akan jatuh ke tangan team yang finish di rangking ke-7 klassemen akhir EPL.

Pasti ini ialah berita baik untuk team seperti Tottenham serta Arsenal, yang saat ini tertinggal di rangking ke-8 serta ke-9.

Siapa yang sudah lolos?

Liverpool serta Man City tidak perlu dibahas, kedua-duanya pastinya berhasil lolos. Bekasnya masih menarik. Kompetisi dari rangking ketiga sampai rangking ke-9 masih terbuka lebar untuk tampil di Eropa musim depan.

Sekarang ini ada Chelsea di rangking ketiga dengan 60 point, lalu ada Leicester di rangking ke-4 dengan 59 point, serta MU di rangking ke-5 dengan 59 point.

Tanpa ada dengan maksud meremehkan Wolves (55 poin), kelihatannya tiga team di ataslah yang akan bertanding merampas dua ticket UCL yang masih ada. Kondisinya juga cukup unik di tersisa tiga pertandingan mereka.

  • Chelsea: Norwich (h), Liverpool (a), Wolves (h).
  • Leicester: Sheffield United (h), Tottenham (a), Manchester United (h).
  • MU: Crystal Palace (a), West Ham (h), Leicester (a)

Lihat tersisa laga di atas, Chelsea terancam kehilangan point waktu mengunjungi Liverpool. Tetapi, khasnya Leicester serta MU akan baku hantam langsung di partai paling akhir. Dua laga berikut yang akan jadi penentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *